Lutim, warta.luwutimurkab.go.id- Staf Ahli Bidang Pembangunan Kabupaten Luwu Timur, Rapiuddin Tahir, memimpin apel pagi bahas kualitas pelayanan, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati, Senin (13/07/2025). Apel ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.
Dalam arahannya, Rapiuddin mengungkapkan sedang melakukan survei bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, yang menunjukkan bahwa masih terdapat instansi yang pelayanannya dinilai kurang ramah oleh masyarakat.
“Sebagai pelayan publik, kita adalah abdi negara sekaligus abdi masyarakat. Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan nyaman kepada masyarakat,” ujar Rapiuddin.
Rapiuddin kemudian memperkenalkan prinsip 3S sebagai panduan dasar dalam membangun pelayanan publik yang aman, nyaman dan berkesan, yaitu dengan senyum ikhlas, sapa dan salam.
“Hal kecil seperti 3S ini jika diterapkan dengan tulus tentu akan menciptakan suasana yang nyaman dan hubungan yang harmonis antara kita dan masyarakat. Bahkan, mereka tidak keberatan bila harus menunggu lebih lama,” tuturnya.
Ia juga menegaskan pentingnya pelayanan yang tidak membedakan SARA, suku, agama, ras, dan antargolongan.
“Tidak boleh ada perbedaan dalam pelayanan. Kita telah disumpah untuk melayani seluruh masyarakat secara adil. Semua aspirasi harus kita tanggapi dengan sikap yang sama,” tegasnya.
Rapiuddin berharap seluruh ASN dan Non ASN mampu mengimplementasikan nilai-nilai tersebut serta menerapkannya dalam tugas sehari-hari.
“Marilah kita bangun birokrasi yang ramah, responsif, dan profesional. Sikap dan attitude yang baik adalah kunci utama kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” tutup Rapiuddin Tahir. (asn/ikp-humas/kominfo-sp)