Sekda Bahri Suli Buka Rapat Evaluasi SAKIP, Dorong Penyempurnaan Kinerja

oleh -313 views

Lutim,warta.luwutimurkab.go.id – Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli, membuka secara resmi rapat evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (31/07/2025).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum, Nursih Hariani, serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Rapat ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Coaching Clinic SAKIP yang sebelumnya telah digelar pada 25–26 Juli 2025. Evaluasi ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman serta meningkatkan kualitas pelaksanaan sistem akuntabilitas kinerja di masing-masing perangkat daerah.

Dalam arahannya, Sekda H. Bahri Suli menegaskan pentingnya optimalisasi implementasi SAKIP di seluruh OPD.

Bahri Suli menyampaikan bahwa, hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya harus menjadi rujukan untuk melakukan penyempurnaan, khususnya dalam penyusunan dokumen kinerja, kesesuaian program dengan RPJMD, hingga efektivitas pelaporan.

“Kita harus mulai dari pembenahan dokumen, penyelarasan program dengan RPJMD, serta memperhatikan catatan-catatan koreksi yang disampaikan sebelumnya,” tegas Bahri Suli.

Lebih lanjut, ia juga menekankan pentingnya keterlibatan aktif Dinas Komunikasi dan Informatika dalam pengelolaan aplikasi pendukung SAKIP, seperti e-SAKIP dan SIPD.

“Salah satu poin penting dalam penilaian SAKIP adalah aspek publikasi. Oleh karena itu, Diskominfo perlu mengevaluasi kembali aplikasi yang sudah ada dan menyempurnakan aplikasinya agar bisa mendukung nilai akuntabilitas secara maksimal,” tambahnya.

Terkait pelaksanaan evaluasi internal, Sekda juga menyoroti perlunya pemahaman yang seragam antara Tim Evaluasi SAKIP daerah dan OPD pelaksana.

Menurutnya, penting bagi seluruh tim untuk memahami metode penilaian dari Kemenpan RB sebagai acuan utama.

“Kita perlu membangun komunikasi yang lebih aktif dengan pihak Kemenpan agar bisa diberikan pendampingan atau bimbingan teknis, baik secara langsung maupun daring. Ini penting agar kita memiliki rujukan jelas dalam penyusunan dan pelaporan dokumen SAKIP,” ujar Bahri Suli.

Menutup arahannya, Sekda menyampaikan bahwa pertemuan hari ini akan membahas sejumlah poin yang akan dilaporkan kepada bupati, dengan harapan melalui berbagai pengalaman sebelumnya khususnya catatan dari tim evaluasi dapat menjadi bahan perbaikan ke depan. (asn/ikp-humas/kominfo-sp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *