Pemkab Lutim Gelar Monev SP4N LAPOR! untuk Perkuat Responsivitas Pelayanan Publik

oleh -68 views

Lutim, warta.luwutimurkab.go.id- Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) yang berlangsung di Aula Sasana Praja, Rabu (26/11/25).

Kegiatan ini buka oleh Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Aswan Aziz dengan mengusung tema “Penguatan Responsive Layanan Publik Melalui Optimalisasi SP4N-LAPOR di Kabupaten Luwu Timur Tahun 2025”.

Dalam sambutannya, Aswan Aziz menyampaikan bahwa keberhasilan pemanfaatan SP4N-LAPOR bukan hanya ditentukan oleh sistemnya, tetapi juga oleh kesungguhan setiap perangkat daerah dalam memberikan respon yang cepat, tepat, dan berkualitas.

“Melalui SP4N-LAPOR, kita diberikan sebuah instrumen yang sangat strategis untuk menerima, menelaah, dan menindaklanjuti setiap aspirasi, keluhan, saran, dan laporan masyarakat secara terintegrasi,” ujarnya.

Aswan Aziz menambahkan bahwa Kabupaten Luwu Timur terus menunjukkan komitmen untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan. Namun demikian, masih terdapat laporan yang belum ditindaklanjuti tepat waktu, termasuk masih rendahnya edukasi masyarakat di beberapa wilayah.

“Saya harapkan kepada peserta untuk agar menyimak dengan baik untuk meningkatkan wawasan kita terkait dengan pengelolaan SP4N LAPOR!. Setelah kegiatan ini, kita akan lebih banyak bersosialisasi kepada masyarakat karena masih banyak yang belum mengetahui tentang aplikasi SP4N LAPOR!,” ujar Aswan Aziz.

Lebih lanjut, ia mengatakan agar hasil monitoring dan evaluasi hari ini ditindaklanjuti secara konsisten. Menurutnya, aplikasi SP4N-LAPOR! ini sebagai alat untuk memperkuat komitmen pelayanan, bukan sekadar memenuhi kewajiban administratif.

Kepada Diskominfo-SP, Andi Tabacina Akhmad dalam arahannya menyampaikan agar para peserta mengikuti materi dengan sungguh-sungguh dengan menerapkan lima kunci sukses yakni berjalanlah lebih cepat, duduklah paling depan, jangan terburu-buru, senyum, menatap mata pemateri, dan berani bertanya.

“Jadi saya harap kepada kita semua agar lebih aktif bertanya kepada narasumber. Sehingga apa yang didapatkan tidak lewat begitu saja tapi ada yang didapatkan dan diterapkan kembali sebagai Kasi Pelayanan Kecamatan, dan admin SP4N LAPOR,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dsn Humas (IKP Humas) Diskominfo-SP, Hayati dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Monev SP4N LAPOR! ini dilaksanakan sebagai wujud komitmem Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang transparan, responsif, dan akuntabel.

Hayati menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas SDM, meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas tindak lanjut laporan oleh perangkat daerah, mendorong keterpaduan sistem pengelolaan pengaduan, dan mendorong budaya kerja responsif dan proaktif terhadap aduan serta aspirasi masyarakat.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber dari Dinas Kominfo-SP Provinsi Sulawesi Selatan yakni Sarmini Sallu yang membawakan materi mengenai Optimalisasi Pengelolaan SP4N LAPOR! dan Iswar Ramadhan membawakan materi tentang Monev Tim Pengelola SP4N LAPOR! SKPD dan Kecamatan Kab. Luwu Timur.

Turut hadir dalam kegiatan ini para Kasubag Umum OPD, Kasi Pelayanan Kecamatan, dan admin SP4N LAPOR!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *