Bupati Husler Ajak Masyarakat Lutim Sukseskan Sensus  penduduk 2020

oleh -2.850 views

Lutim, warta.luwutimurkab.go.id- Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler mengajak seluruh jajaran Pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Luwu Timur untuk ikut mendukung pelaksanaan sensus penduduk 2020. Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi Pencanangan Sensus Penduduk yang diselenggarakan di Aula Sasana Praja, Kantor Bupati, Senin (17/02/2020).

“Agar dapat terlaksana lancar dan sukses sehingga menghasilkan data kependudukan yang akurat, saya mengajak segenap Jajaran Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Luwu Timur mendukung penuh pelaksanaan sensus penduduk Tahun 2020 ini,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, sensus penduduk tahun 2020 bertujuan untuk memperoleh data penduduk terbaru dan akurat dan data ini merupakan indikator yang sangat penting dalam menentukan kebijakan pembangunan nasional dan daerah ke depan.

“Data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan diberbagai bidang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki satu sumber kependudukan, sehingga menguatkan pijakan dalam merencanakan suatu program maupun kebijakan,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pada tahun 2020 ini untuk pertama kalinya BPS menerapkan metode kombinasi. Selain memanfaatkan data adminduk dari kemendagri sebagai data dasar, BPS juga libatkan masyarakat untuk input data secara mandiri secara sistem online.

“Saya apresiasi dengan inovasi yang telah dikerjakan BPS dalam Sensus Penduduk 2020, pendataan secara online ini bertujuan agar masyarakat dapat berpatisipasi dalam sensus penduduk serta mengedukasi kepada masyarakat akan pentingnya data administrasi yang sejalan dengan program nasional “Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA),” kata Bupati.

Sejalan dengan Bupati, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Luwu Timur, Muhlis dalam sambutannya mengingatkan akan pentingnya hasil sensus penduduk tahun 2020 yang valid dan akurat sebagai sumber data kebijakan dalam menyusun kebijakan dan perencanaan pembangunan diberbagai bidang.

Sehubungan dengan hal itu, kepala BPS berharap seluruh jajaran Pemerintah daerah dan masyarakat besinergi dalam rangka mensukseskan sensus Tahun 2020 ini.

Muhlis juga menjelaskan bahwa, dalam sensus penduduk 2020 ini terbagi menjadi 2 sistem, secara online dan wawancara. Untuk sensus penduduk secara online dapat dilakukan mulai Tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, Sedangkan bagi penduduk yang belum melakukan sensus penduduk secara online, akan dilakukan sensus secara wawancara dibulan Juli 2020.

“Kami menargetkan Sensus Penduduk online Kabupaten Luwu Timur sebanyak 30% atau 22 Ribu KK, kami masih ada waktu 1,5 bulan untuk menggerakkan masyarakat mengisi Sensus Penduduk Online,” jelasnya.

Pencanangan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler didampingi Ketua DPRD, H. Amran Syam, Perwira Penghubung, Mayor Inf. Martinus Pangasing, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli dan Kepala BPS Kabupaten Luwu Timur, Muhlis. (hms/ikp/kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *