Tingkatkan Produksi Perikanan dan Utamakan Keselamatan Nelayan

oleh -288 views

Petaka di laut yang menimpa para nelayan Luwu Timur mem­buat pemerintah Kabupaten Luwu Timur memberikan perhatian khu­sus bagi keselamatan Jiwa bagi Ne­layan. Sudah banyak nelayan Luwu Timur yang meninggal dunia akibat karam terhempas gelombang disaat mereka melaut mencari napkah kel­uarga.

Untuk itu, berbagai alat kesela­matan di berikan kepada Nelayan dengan perhitungan bisa memin­imalisir angka kematian nelayan saat pergi menangkap ikan dilaut. Lewat Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan Luwu Timur sebanyak 220 buah pelampung di bagikan secara gratis kepada nelayan tra­disional Luwu Timur.

“Kita tahu semua Nelayan ini jago berenang, dan kami juga tahu yang namanya ajal itu kapan dan dimana saja bisa datang, tapi itu bu­kan alasan bagi kami mengabaikan keselamatan mereka, setidaknya dengan pelampung ini bisa mem­inimalisir kecelakaan Maut bagi nelayan kita,” ujar Nursih Hariyani Kepala Dinas Perikanan Kelautan dan Pangan Luwu Timur.

Kami juga sudah berupaya memberikan penyadaran kepada Nelayan agar faktor Keselamatan menjadi hal utama dalam bekerja, Maka Penting bagi nelayan untuk menyediakan Pelampung disetiap kapal mereka sebagai alat kese­lamatan dilaut. Selain itu nelayan juga di berikan kesadaran untuk se­lalu memeriksa kondisi mesin dan fisik perahu sebelum turun kelaut.

Selain fokus pada keselamatan jiwa mereka, Pemerintah juga su­dah banyak menyalurkan bantu­an seperti Sarana Budidaya Ikan kepada 14 Kelompok Nelayan. seperti Bibit ikan Lele, Ikan Nila, Ikan Bawal, Ikan Mas termasuk bibit Kepiting lengkap dengan pa­kannya.Untuk yang mendapatkan pelampung itu berjumlah 110 orang Nelayan, masing-masing satu orang dapat dua pelampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *