Dukung Regsosek, Sekda Lutim Harapkan Aparat Pemerintah Berikan Data akurat

oleh -209 views

Lutim,warta.luwutimurkab.go.id- Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli mewakili Bupati Luwu Timur membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh BPS Lutim, di Aula Hotel I Lagaligo Malili, Selasa (20/09/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Mencatat Untuk Membangun Negeri” Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, menghadirkan tiga narasumber yakni Kepala Dinas Sosial P3A Lutim, Sukarti, Kepala Bappelitbangda, Dohri As’ari, Kepala BPS Lutim, Herbudiman Suandy, dan bertindak sebagai moderator Kepala Dinas Kominfo-SP, H. Hamris Darwis.

Sekda H. Bahri Suli menyambut baik dan mengapresiasi program Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Luwu Timur yang melaksanakan registrasi sosial ekonomi mengingat kegiatan ini akan menghasilkan data terpadu, tidak hanya untuk perlindungan sosial tapi juga program yang dibutuhkan masyarakat untuk dijadikan acuan yang lebih terarah.

Lanjut Sekda, Regsosek pendataan seluruh penduduk yang mencakup kondisi sosial dan ekonomi yang sangat beragam, mulai dari kondisi demografis, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial.

“Melalui Regsosek ini, kiranya dapat membantu mewujudkan indonesia membangun secara inklusif, sebagai pilar utama reformasi sistem pembangunan sosial, Regsosek mendukung komponen reformasi lainnya,” harap H. Bahri Suli.

“Olehnya itu, aparat pemerintahan yang ada di OPD, Camat, Lurah hingga kepala desa dapat mendukung kegiatan pendataan ini dengan memberikan data yang akurat sehingga proses registrasi menuju satu data ini berjalan lancar,” tutup Sekda Lutim.

Sementara Kepala BPS Lutim, Herbudiman Suandy mengungkapkan, Regsosek ini diharapkan bisa mengakhiri duplikasi data dan mewujudkan integrasi program, karena Regsosek ini akan menghasilkan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa atau kelurahan.

“Harapan besar kami, harapan kita semua, kegiatan Regsosek di Kabupaten Luwu Timur ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses karena hasil kegiatan ini dapat membantu pemerintah dalam mengarahkan berbagai program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat dengan lebih tepat sasaran karena didukung ekosistem data yang terintegrasi, menyeluruh dan terpadu,” harap Herbudiman Suandy.

Usai menyampaikan sambutannya, Sekda Lutim bersama Kepala BPS Lutim, Kepala Dinas Kominfo-SP, Kepala Dinas Sosial P3A, Kepala Bappelitbangda, dan Kadis Dukcapil, membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi 2022 Kabupaten Luwu Timur. (rhj/ikp-kehumasan/kominfo-sp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *