Festival Lagu Daerah Se Luwu Timur 2022, Mantap, Sukses dan Keren

oleh -527 views

Lutim,warta.luwutimurkab.go.id- Festival Lagu Daerah Se Kabupaten Luwu Timur dengan slogan “Mantap, Sukses dan Keren“ yang digelar oleh Pemuda Pemudi Kecamatan Burau, dari Tanggal 23-25 September 2022, di Gedung serbaguna Kecamatan Burau, berakhir Minggu (25/09/2022) malam, dalam acara Grand Final, dengan menampilkan 9 finalis terbaik yang terdiri dari lima Putri dan empat Putra.

Malam Grand Final diawali dengan sambutan Pembina Festival Lagu Daerah (FLD) Lutim, H.M. Sarkawi A. Hamid yang juga anggota DPRD Luwu Timur mengatakan bahwa, kegiatan Festival Lagu Daerah ini merupakan inisiatif dari generasi muda Kecamatan Burau yang bertujuan untuk bukan hanya sekedar hiburan tetapi juga ajang pencarian bibit generasi muda yang berbakat di bidang seni suara khususnya lagu daerah sekaligus untuk menopang visi Luwu Timur berkelanjutan dan lebih maju berlandas nilai agama dan budaya.

“Kita berharap dari Festival Lagu Daerah ini akan melahirkan bakat yang potensial di bidang seni suara khususnya Lagu Daerah karena Mencintai lagu daerah merupakan wujud nyata dari kecintaan kita pada daerah ini sebab Luwu Timur dihuni oleh berbagai ragam suku dan etnis yang kesemuanya memiliki identitas termasuk Lagu Daerah, ini perlu kita lestarikan sebagai sebuah kearifan lokal sekaligus menjadi spirit bagi kita semua untuk membangun harmoni dan kolaborasi dalam mewujudkan visi pembangunan Luwu Timur yang berlandaskan Agama dan Budaya,” jelas Sarkawi.

Ia juga mengatakan bahwa, kedepannya, agar Festival Lagu daerah ini terus berjalan maka akan dibentuk komunitas pencinta Lagu-Lagu Daerah Kabupaten Luwu Timur.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Timur, Hj. Zulhidayah, yang mewakili Kepala Dinas Dikbud Lutim menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Festival Lagu Daerah ini yang sejalan dengan visi pemerintah daerah mengembangkan dan melestarikan budaya daerah melaui senin musik lagu daerah.

“Kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun ada kegiatan yang dilaksanakan di tingkat Provinsi dan Nasional seperti Gita Bahana Nusantara, kita berharap nantinya pemenang di ajang FLD 2022 ini bisa menjadi wakil Luwu Timur pada kegiatan tersebut,“ kata Kabid Budaya, Zulhidayah.

Dalam sesi penutupan menjelang pengumuman pemenang lomba, Camat Burau, Alimuddin Bahtiar, MM, yang diberikan kesempatan oleh panitia menutup acara mewakili Bupati Luwu Timur, juga mengapresiasi kinerja panitia penyelenggara yang sudah mempersiapkan kegiatan dengan matang meskipun waktunya cukup singkat namun bisa berjalan dengan baik.

“Saya mengapresiasi panitia, karena kegiatan Festival Lagu Daerah ini bisa berjalan dengan baik. Dalam ingatan saya selaku Camat, kegiatan ini baru pertamakalinya dilaksanakan sejak Kecamatan Burau terbentuk. Semoga menjadi momentum yang baik dalam rangka menggali talenta generasi muda dibidang seni suara khususnya Lagu-lagu daerah,“ tandas Alimuddin Bahtiar.

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana, Muawwanah, SPd. M.Pd disela-sela penutupan acara menyampaikan terima kasih kepada semua pihak mulai dari Pemerintah Kecamatan, Peserta lomba, Tim Juri, Pembina FLD bahkan kepada seluruh penonton yang sudah menssuport kegiatan Festival Lagu Daerah Kabupaten Luwu Timur 2022, yang dilaksanakan selama tiga hari.

“Selaku ketua Panitia, tentunya kami banyak kelemahan dalam penyelenggaraan kegiatan, namun tanpa dukungan dari semua pihak kegiatan tidak akan bisa terselenggara dengan baik. Jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama ajang FLD ini berlangsung, atas nama seluruh panitia kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,“ tutup Muwwanah, yang juga kepala UPTD SDN 107 Lagego Kecamatan Burau ini.

Pada malam Grand Final FLD 2022 ini, kesembilan peserta menampilkan performa terbaik mereka dalam membawakan lagu-lagu daerah, seperti Lembata Tana Luwu, Angin Mammiri, Tana Ugi Wanuakku, Tomepare dan beberapa lagu daerah bugis lainnya.

Peserta tampak cukup menguasai lagu sehingga membuat penonton yang memadati gedung pertemuan Kecamatan Burau terpesona dengan penampilan peserta dalam bernyanyi mulai dari penguasaan lagu, penghayatan hingga teknik bernyanyi ditampilkan dengan sempurna.

Turut hadir dalam acara grand Final Festival Lagu Daerah ; Sekretaris Duckapil, Sekdis Kominfo-SP, Sekdis Damkar, Anggota Dewan Pendidikan, Kepala SMPN 3 Burau dan Penggasan Luwu Timur Inspiring, Haeril Al Fajri.

Dari hasil penilaian Juri, maka adapun peserta yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah :

Untuk Peserta Putri :
1. Nurhaliza, Kecamatan Towuti
2. Zakia Pantai, Kecamatan Burau
3. Inci, Kecamatan Wotu
4. Dewi, Kecamatan Wotu

Untuk Peserta Putra :
1. Imam, Kecamatan Towuti
2. Syahrul, Kecamatan Towuti
3. Raditya, Kecamatan Burau
4. Okta, Kecamatan Burau

Peserta Juara Favorit :
Lisda (Lumbewe-Burau). (ikp-kehumasan/kominfo-sp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *