CLBK Menyulap Sampah Menjadi Duit

oleh -1.755 views

Andi Tabacina, boleh jadi salah satu Kepala Dinas yang produktif dan Inovatif, sejak menduduki Ja­batan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu Timur, banyak terobosan program yang lahir dari ide kreatifnya langsung merubah situasi lingkungan hidup dan cara pandang warga terhadap sampah. Sebut saja Program Cin­ta Lingkungan Bersih dan Keren, (CLBK) kemudian Program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

Boleh dibilang Setiap Program yang dilahirkannya, langsung dire­spon Positif dari masyarakat. So­soknya yang keibuan adalah sen­jata ampuhnya dalam mendekati masyarakat agar memperlakukan lingkungan hidupnya menjadi Asri dan sehat.

Sebut Saja Program CLBK, hal pertama yang dilakukannya adalah membangun Bank Sampah yang berada di Jalan Kartini Desa Pun­cak Indah Malili.

Sebuah tempat yang dulu se­mak belukar yang oleh warga di­anggap sarang Ular, seketika be­rubah menjadi Taman Hijau yang indah menjadi pusat transkasi jual beli sampah. Alhasil, mulai orang tua sampai anak-anak kini tak lagi menganggap sampah benda yang tak berharga.

Dampak dari Program ini sangat luar biasa, setiap hari anak-anak di Malili menyusuri lorong dan rumah warga untuk mencari sampah botol dan kertas untuk di kumpul seban­yak-banyak untuk di jual ke Bank Sampah.

Andi Tabacina Akhmad, Kepada Warta Lutim, Program CLBK ini merupakan program pertama kali yang di Luncurkan di Kabupaten Luwu Timur, Program yang awaln­ya terinspirasi oleh kebutuhan akan hadirnya suasana baru dalam ma­najemen kebersihan di setiap Keca­matan khususnya di Kota Malili.

Menurutnya, CLBK sebagai langkah mengajak masyarakat agar memiliki perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan dengan hara­pan agar budaya peduli lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *